Email : smansabolbar@gmail.com
Contak: +62852-4088-1075

Sambut Siswa Baru dengan Sistem Lebih Fleksibel dan Adaptif

Periode Mei hingga Juni setiap tahunnya menjadi agenda rutin dan penting dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB). Tahun ini kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terhadap PPDB mengalami penyesuaian.

Penjelasan lengkap tentang PPDB inilah yang tersaji pada edisi kali ini. Pembaca dapat menyimaknya dengan seksama sehingga mendapat gambaran yang lebih utuh tentang PPDB dan kebijakannya yang wajib dipatuhi bersama. Kebijakan PPDB ini diatur dengan tujuan agar pemerataan akses dan mutu pendidikan dapat terwujud.

Pada bagian lain, redaksi suguhkan resensi buku dari sebuah buku koleksi terbaru Perpustakaan Kemendikbud yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Buku ini merupakan hasil dari kajian yang dilakukan terhadap guru-guru dalam mengimplemtasikan Kurikulum 2013. Pembaca dapat menyimak resensi lengkapnya pada halaman 30.

Pada sajian selanjutnya, yang baru di majalah Jendela tahun 2020 ini adalah rubrik Seputar Film Indonesia. Kali ini redaksi hadirkan resensi film yang rilis pada Januari 2020, yaitu Anak Garuda. Film ini diangkat dari kisah nyata dan mengandung nilai moral yang dapat diambil manfaatnya oleh penonton Indonesia. Ulasan resensi film yang disutradarai oleh Faozan Rizal dapat pembaca simak di halaman 32.

Tak ketinggalan pada rubrik Kebudayaan, kami sajikan informasi terbaru mengenai pendataan warisan budaya tak benda yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan. Dalam artikel di rubrik ini juga kami sajikan kembali pentingnya pencatatan warisan ini sehingga tidak rentan hilang dari ingatan seiring bertambahnya usia bumi.

Rubrik lainnya yang juga menarik untuk dibaca adalah rubrik Kajian yang kali ini membahas hasil penelitian mengenai Program Indonesia Pintar bagi anak berkebutuhan khusus. Apa dan bagaimana penelitian ini dilakukan, pembaca dapat menyimaknya dalam format lebih ringkas sepanjang tiga halaman, dimulai di halaman 38.

Sebagai penutup edisi kali ini, artikel ringan mengenai bahasa Indonesia kami hadirkan sebanyak dua halaman. Kali ini artikel yang dibahas adalah tentang penggunaan tanda tanya pada sebuah kalimat. Tampak sederhana, namun terkadang masih banyak juga orang yang tidak tepat dalam penggunaan tanda tanya ini dalam sebuah kalimat. Simak penjelasannya di halaman 41.

Kami berharap seluruh artikel yang kami hadirkan di edisi kali ini dapat menjadi manfaat dan memberikan informasi yang berguna, serta menjadi referensi dalam proses PPDB. Selamat membaca.

Untuk membaca lebih lengkap seluruh artikel yang ada di JENDELA edisi kali ini, silakan pembaca memilih rubrikasi berikut.

Leave a Reply