Ketahuan Curang Saat Ujian, Siswa di China Terancam Bui 7 Tahun

Lebih dari 9,4 juta siswa di China menjalani ujian masuk perguruan tinggi yang diadakan setiap tahun dan dikenal dengan nama gaokao.

Dikutip dari The Washington Post, Jumat (10/6/2016), tes tersebut dianggap sangat menentukan nasib mereka ke depannya, karena perguruan tinggi hanya melihat berdasarkan nilai ujian.

Mereka meyakini bahwa hanya siswa bernilai tinggi saja yang dapat menerima pendidikan dan pekerjaan lebih baik. Sementara mereka yang bernilai rendah dinilai akan memiliki masa depan suram, dan diperparah dengan rasa malu.

Karena taruhannya begitu tinggi, kemungkinan terjadinya perilaku curang selama ujian menjadi keprihatinan besar. Tahun ini, pemerintah China tak memberi ampun bagi mereka yang berperilaku curang.

Kantor berita China, Xinhua melaporkan bahwa kecurangan dianggap sebagai tindak kriminal dan pelakunya akan menerima hukuman penjara selama 7 tahun.

Undang-undang baru itu disebut-sebut mulai berlaku pada November 2015 lalu. Hukuman paling berat akan diperuntukan bagi mereka yang ketahuan terlibat melakukan kecurangan massal atau menyewa orang lain untuk menggantikannya selama ujian.

Sumber : liputan6.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.